Warga Panti Asuhan Putri Brayat Pinuji Boro Belajar Membuat Tempe

BERNASNEWS.COM —  Dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2020, Panti Asuhan Putri Brayat Pinuji Boro, Kabupaten Kulon Progo, DIY menyelenggarakan giat ketrampilan membuat tempe kedelai, Jumat (14/8/2020). Kegiatan membuat tempe tersebut dibimbing langsung oleh Dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta Drs. Z. Bambang Darmadi, MM dan diikuti oleh puluhan peserta warga panti.

Suster Cristera OSF selaku Pimpinan Panti Asuhan Putri Brayat Pinuji dalam sambutannya mengatakan, bahwa kita sebagai generasi milenial penerus bangsa harus menjadi pribadi yang kreatif dan handal. “Anak-anak harus selalu belajar dan menambah pengetahuan sebagai bekal hidup, termasuk pada kesempatan kali ini belajar bersama-sama cara membuat tempe dari kedelai,” tutur Suster Cristera OSF.

Menurut Suster Cristera OSF, tempe merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat, harganya pun cukup murah, enak dan bergizi tinggi. “Dengan belajar membuat tempe kedelai sendiri, siapa tahu kedepan dapat menjadikan sumber penghasilan. Tempe juga bisa dibuat keripik dengan aneka rasa, bisa rasa gurih, rasa pedas, rasa keju dan lain sebagainya,” ungkap Suster.

Sementara Pak Bambang Darmadi selaku pembimbing menjelaskan, bahwa membuat tempe kedelai itu harus tekun dan sabar karena prosesnya cukup lama, dari pemilihan biji kedelai yang bagus, perendaman, memasak kedelai, hingga pemberian ragi dan pembukusan atau pengepakan berdasar ukuran tertentu.

“Ada beberapa jenis kedelai untuk membuat tempe, ada kedelai lokal, kedelai impor dari Amerika yang memiliki ciri-ciri bulat dan memiliki mata berwarna hitam dan kedelai dari China berbentuk bulat dan bermata kuning,” papar Pak Bambang.

Kedelai impor ini tidak bisa disemai atau ditanam sebab telah dilakukan proses pengeringan dengan teknologi tertentu, Pak Bambang menambahkan, setelah pemilihan kedelai dan dibersihkan dari kotoran kemudian kedelai dilakukan perendaman. “Direndam minimal 4 jam untuk memekarkan kedelai agar tidak terlalu lama sewaktu memasaknya. Kemudian direndam lagi untuk mengeluarkan asamnya dan direbus lagi,” imbuh Pak Bambang.

Dalam pemecahan kedelai dan mengelupas kulitnya dapat dilakukan secara manual pakai tangan juga memakai mesin untuk pembuatan tempe sekala besar. Tahapan berikutnya adalah pemberian ragi tempe berdasar ukuran tertentu, selanjutnya pembungkusan kedelai itu, dengan daun atau plastik. Tinggal simpan pada suhu kamar berkisar dua hari untuk menunggu menjadi tempe.

Pada sesi terakhir atau ramah tamah antara pembimbing dan peserta latihan, Pak Tedy dari Bernasnews.com yang mendampingi Pak Bambang Darmadi, memberikan tips-tips praktis dalam pengambilan foto memakai handphone untuk kepentingan jurnalistik. “Pengambilan foto nggak usah takut-takut, ambil saja sebanyak-banyaknya dari berbagai posisi toh sudah digital, yang nggak bagus tinggal hapus,” tutup Pak Tedy. (Claudia Berliana Pasca Putri, Panti Asuhan Putri Brayat Pinuji Boro, Kulon Progo) Sumber: https://bernasnews.com/

 

Tags :

bm

Panti Asuhan Brayat Pinuji Boro

PA Brayat Pinuji Boro

Panti Asuhan Putri Brayat Pinuji Boro merupakan salah satu Yayasan Sosial yang dikelola oleh Konggregasi Suster-suster St. Fransiskus (OSF).

  • Panti Asuhan Brayat Pinuji Boro
  • December 31, 1934
  • Boro Banjarasri Kalibawang Kulon Progo
  • pa.brayatpinuji@yahoo.co.id
  • 0851 0211 0434